Halaman

r

Jumat, 14 September 2012

SUSU BASI

      Suatu hari raja Anusyirwan yang Bijak menderita sakit. Si raja mengatakan kepada para orang orang kepercayaannya bahwa penyakit dirinya hanya akan di sembuhkan dengan cara meminum susu basi yang ada di suatu daerah yang tertinggal dan miskin. Maka, seluruh bawahan raja meng-intruksikan kepada para tentara dan pengawal untuk mencari dan menyisir tiap tiap wilayah kerajaan untuk menemukan susu basi tersebut.

      Dalam beberapa hari seluruh daerah yang ada di wilayah kerajaan Anusyirwan di sisir oleh para perajurit Istana. Namun, ternyata susu tersebut tidak di temukan begitu juga daerah yang terbelakang dan hancur seperti yang di katakan raja tidak di temukan.

      Akhirnya para pembantu istana dan prajurit pulang ke istana untuk menyampaikan hasil pencariannya, mereka memberitahukan kepada baginda raja bahwa susu dan daerah yang tertinggal yang hancur itu tidak di temukan. Rajapun memnjawab......

      "Sesungguhnya aku hanya ingin tahu tentang keadaan kerajaanku. saya ingin tahu apakah ada kampung yang hancur, kalau ada maka saya akan segera membangunnya. sedangkan jika ada susu basi akibat tidak terjual, saya akan memperbaiki kondisi pasar agar proses jual beli disana lancar. sehingga, tidaj ada lagi makanan atau barang barang yang tidak laku terjual.
Kalau kalian idak menemukan susu basi dan daerah yang hancur dan tertinggal itu, berarti kerajaan-ku makmur dan masyarakatnya tidak kelaparan. 
Sebenarnya yang membuatku sakit adalah karena aku merasa khawatir dan waswas andaikan masih ada daerahku yang tidak makmur dan rakyatku yang kelaparan."


Tidak ada komentar:

Entri Populer