Halaman

r

Kamis, 04 Oktober 2012

KELEDAI PEMBAWA UNTUNG

           Dihikayatkan bahwa salah seorang laki laki saleh, jika dirinya ditimpa musibah atau diuji dengan suatu petaka, ia selalu berkata, "itulah yang terbaik." Pada suatu malam ada seekor harimau yang datang ke rumahnya dan menerkan ayam jantan miliknya. Ketika dia mendapat kabar bahwa ayamnya diterkam harimau, dia berkata, "Itulah yang terbaik." Pada malam berikutnya, anjing yang telah dilatih sedemikian rupa untuk menjaga rumahnya ada yang memukul hingga mati. Ketika dia mendapat kabar bahwa ada yang memukul anjingnya hingga mati, dia berkata, "itulah yang terbaik." Pada malam berikutnya lagi keledai satu satunya milik dia ada yang mencekik hingga mati. Ketika dia mendapat kabar bahwa keledainya mati karena ada yang mencekik, dia berkata, "Itulah yang terbaik, jika Allah menghendaki."

            Istrinya merasa jengkel atas perkataan suaminya itu. Setiap kali mendapat musibah selalu berkata, "Itulah yang terbaik," sebab seolah olah dia membiarkan kerusakan. Pada suatu malm, kampung yang menjadi tempat tinggal orang itu disatroni oleh gerombolan arab pedalaman. Mereka membunuh setiap orang yang ada di kampung itu. Tidak ada seorangpun yang selamat dari kejadian itu kecuali dia dan keluargannya.

            Ternyata, gerombolan itu mendatangi setiap rumah dan membunuh penghuninya jika mereka  mendengar suara kokok ayam, suara anjing, dan suara keledai. Mereka mengetahui bahwa dengan terdengarnya suara suara hewan tersebut merupakan pertanda bahwa sebuah rumah ada penghuninya. Sehingga, mereka mendatanginya dan membunuh penghuninya. Sementara itu, ayam, anjing, dan keledai milik orang saleh tadi sudah mati semua. Sehingga tidak terdengar ada suara apapun dari rumahnya. Maka dia selamat dari pembunuhan yang dilakukan oleh gerombolan itu. Dengan demikia, binasanya berbagai benda (ayam, anjing, dan keledai) miliknya itu adalah keadaan yang terbaik dan sebagai sebab dirinya selamatdari pembunuhan. Maha suci Aallah.!

    

Tidak ada komentar:

Entri Populer