Halaman

r

Kamis, 26 September 2013

MURID DAN SEPEDA MEREKA

      Seorang guru melihat lima muridnya kembali dari pasar dengan mengendarai sepeda mereka. Ketika mereka turun dari sepeda mereka, sang guru menghampiri dan mulai bertanya.
"Kenapa kalian suka mengendarai sepeda kalian?"

Murid pertama menjawab,
"Sepeda ini meringankan beban saya guru. sepeda ini bisa membawa barang bawaan saya, seperti karung yang berisi kentang ini. saya sangat senang karena tidak harus memikulnya di pundak!"
Sang guru memuji si murid dengan berkata,
"Kamu memang anak yang pintar, kelak kalau kamu sudah tua, kamu tidak akan berjalan dengan tubuh yang bungkuk, karena kamu jarang memikul banyak beban seperti aku."

Murid kedua menjawab,
"Saya suka melihat pepohonan dan pemandangan yang muncul bergantian seiring aku mengayuh sepedaku."
Sang guru membalas,
"Dewasa nanti matamu akan terbuka dan kamu akan melihat dunia."

Murid ketiga menjawab,
"Dengan bersepeda saya merasakan senandung kedamaian di dalam hatiku."
Sang guru memberi pujian kepada murid ketiga.
"Kelak kamu akan menjadi orang yang pikiran dan jiwanya selalu berputar dengan roda perdamaian."

Murid ke-empat menjawab,
"Dengan bersepeda, saya selalu merasa hidup dalam harmoni bersama semua mahluk yanig ada di dunia."
Sang guru sangat senang mendengarnya dan berkata,"
Kelak nanti kamu akan berjalan di jalan harapan tanpa menemukan kerugian sediktpun."

Murid kelima menjawab,
"Saya suka bersepeda,..... dan saya ber
sepeda untuk bersepeda.. itu saja!!"
Sang guru mendekat dan duduk dikaki murid kelima, dan berkata,
"aku adalah muridmu.!!"  
  

Tidak ada komentar:

Entri Populer