Halaman

r

Minggu, 23 September 2012

PEJABAT MISKIN

        Umar bin khathtab selalu selalu memeriksa langsung para gubernur yang diangkat menjadi kepala pemerintahan daerah. Beliau bertanya kepada rakyat setempat tentang gubernur yang memimpin mereka. Umar suka bertanya kepada mereka tentang kecakapan para gubernurnya dalam memegang pemerintahan. Suatu hari beliau pergi ke daerah Himsha. Saat itu yang menjabat sebagai gubernur adalah
Sa'id bin amir Al-jumhi. Umar mengumpulkan masyarakat Himsha dan berkata kepada mereka,

"Wahai penduduk Himsha, bagaimana menurut kalian tentang gubernur yang memimpin tempat kalian ini, yaitu Sa'id?" 
Penduduk Himsha berkata,
"Kami mengadukan empat hal yang suka dilakukan oleh Sa'id. 
 Pertama, dia tidak keluar rumah untuk menemui kami kecuali matahari sudah naik tinggi; Kedua, dia tidak pernah melayani salah seorang diantara kami yang mempunyai keperluan di waktu malam; Ketiga, ada satu hari dalam sebulan yang dirinya tidak menemui kami; Keempat, dia suka jatuh pingsan seolah olah dia sudah meninggal."

         Setelah mendengar pengaduan rakyat Himsha, Umar segera memanggil Sa'id dan mempertemukan dengan masyarakatnya. Umar berkata, "Ya Allah, mudah mudahan pikiranku tidak berubah!" 
Setelah berkata begitu, Umar menanyakan kebenaran kabar yang disampaikan oleh penduduk Himsha kepada Sa'id. Ketika Sa'id mendengar apa yang diadukan oleh rakyatnya, beliau berkata,

"Adapun ketidak keluaranku dari rumah sebelum matahari neik lebih tinggi sebab keluargaku tidak mempunyai pembantu. Saya biasa membuat adonan roti sendiri. Setelah adonan selesai dibuat, saya duduk menuggu sampai adonan tersebut meragi. Baru setelah itu saya mencetak menjadi roti dan mematangkannya. Setelah selesai saya berwudhu dan keluar menemui kalian. Alasan saya tidak meladeni salah seorang diantara kalian di waktu malam. Sebab, saya menjadikan siang untuk rakyat dan malam untuk Allah azza wa jalla. Adapun dalam satu bulan ada sehari dimana saya tidak keluar menemui kalian sebab saya tidak mempunyai pembantu yang memcucikan pakaian. Sementara itu, saya tidak mempunyai pakaian kecuali yang satu satunya ini. Sayalah yang mencuci pakaian ini, lalu mengeringkannya, setelah itu baru saya memakainya kembali dan menemui kalian di waktu sore. Sedangkan tentang seringnya saya terjatuh pingsan seolah olah orang meninggal, penyebabnya sangat mengerikan, yaitu saya pernah menyaksikan saat Khabib bin Adi Al-Anshari disiksa. Saat itu daging tubuh dia dikelupasi sedikit sedikit oleh orang kafir Qurais dan setelahnya dia dibawa kesebuah pohon, lalu diikat di sana, dianiaya dan disiksa supaya dia kafir terhadap  
Muhammad Saw. Ketika itu orang orang Qurais berkata kepada Khabib bin Adi Al-Anshari, 
         "Apakah engkau sudi jika Muhammad , di mana agamanya engkau peluk, keadaannya sama seperti yang kau rasakan sekarang?"
Khabib menolak mereka dan berkata, "Demi Allah, sedikit pun saya tidak rela jari Muhammad tertusuk duri yang menyakitinya. Tidaklah saya mengingat  saat kejadian itu dan pekikan dia semacam itu, sementara saya tidak menolongnya padahal dia dalam keadaan sangat payah dan mengerikan sebab saat itu saya masih dalam musyrik, tidak percaya kepada Allah dan Nabinya, melainkan saya menduga bahwa Allah tidak akan memaafkanku atas dosa semacam itu selamanya. Saat mengingat itulah saya jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri."

           Mendengar keterangan dan alasan yang dikemukakan oleh Sa'id, Umar berkata,
"Segala puji milik Allah yang tidak menjadikanku mengubah pikiran semula tentang dirimu (Yaitu Umar dulu menganggap Sa'id sebagai orang yang layak menjadi pemimpin karena keshalehan dan kezuhudannya)."

Tidak ada komentar:

Entri Populer